Serap aspirasi warga dan Bakti Sosial, Polres Metro Jakarta Pusat gelar Jumat Curhat Plus

Read Time:3 Minute, 38 Second

Jakarta – Polres Metro Jakarta Pusat kembali melaksanakan kegiatan Jumat Curhat Plus untuk menampung aspirasi masyarakat dan Bakti Sosial yang diselenggarakan di Masjid Al- Furqon RW. 09 Jl. Pramuka Sari l Rawasari Cempaka Putih Jakarta Pusat, Jumat (19/01/2024).

Kegiatan Jumat Curhat Plus dihadiri Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, SH, SIK, Msi, Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Anton Elfrino Trisanto, SH. SIK, M.Si, para PJU Polres Metro Jakarta Pusat, Kapolsek, Danramil Cempaka Putih, Camat Cempaka Putih, Lurah Rawasari, Lurah Cempaka Putih Timur, Lurah Cempaka Putih Barat Ketua DKM Masjid Al Furqon, Ketua RW.09 dan 04, pelajar, jumantik, karang taruna dan warga sekitar.

Kegiatan Jumat Curhat Plus diawali dengan melakukan kerja Bakti, bersih-bersih di area lingkungan Masjid. Kegiatan Jumat Curhat Plus yang diselenggarakan oleh Polres Metro Jakarta Pusat memiliki beberapa keunggulan dan inovasi serta edukasi yang disajikan untuk masyarakat. Selain sebagai sarana penyampaian informasi (curhat) dari warga, juga memberikan beberapa layanan stand dan edukasi seperti :

  1. Sat Binmas, menerima laporan pengaduan dari masyarakat dan memberikan solusinya , problem solving menjadi solusi mengatasi masalah
  2. ⁠Si Dokes menggelar layanan kesehatan dengan menghadirkan Dokter dan kendaraan Ambulance. Disiapkan satu meja dengan standing banner dan peralatan serta obat obatan untuk warga yang membutuhkan.
  3. ⁠Sat Narkoba menggelar edukasi anti Narkoba dengan membuka stand berisi contoh jenis narkoba dan foto -foto pengguna narkoba dan Petugas menjelaskan efek bila memakai narkoba dan konsekuensi hukumnya.
  4. Sat Reskrim menggelar edukasi kejahatan terhadap anak, pola kejahatan yang sering terjadi dan cara pencegahannya serta ancaman hukuman bagi pelakunya. Stop penyebaran berita Hoax, waspada UU ITE dan konten digital yang bisa terjerat hukum
  5. Bag SDM menggelar edukasi dan sosialisasi penerimaan Anggota Polri TA. 2024.
  6. Polres Metro Jakarta Pusat membagikan makan siang kepada masyarakat yang hadir di Masjid.

Kapolres menjelaskan, Bahwa kegiatan Jumat Curhat sendiri merupakan Program Unggulan Kapolri yang di laksanakan di tingakt Polda, Polres dan Polsek untuk mendengar secara langsung aspirasi warga serta saran dan masukan dari masyarakat.

“Ini agenda penting saya bisa bertemu langsung dengan masyarakat. Anggota Polisi di Polres Jakarta Pusat sekitar 1400 personil , yang aktif 1300 personel untuk mengelola keamanan dan ketertiban. Tentunya Ratio kekuatan tidak ideal. Setiap orang sejak lahir sudah punya Tugas seperti Kepolisian, kami berharap semua masyarakat untuk ikut menjaga Harkamtibmas. Polisi hadir untuk menjamin Keamanan pagi, siang, malam. Tugas kami melindungi, mangayomi, melayani dan Penegakan Hukum” tuturnya

Heterogen di wilayah Jakarta Pusat ini luar biasa, ini menjadi salah faktor yang harus kita perhitungkan. Kejahatan dulu itu secara psikologis, kalau sekarang kejatan modelnya dengan Teknologi. Teknologi mempengaruhi tugas tugas Kepolisian. Tawuran sekarang modelnya janjian di medsos. Sehingga kita merapat dan mendekatkan diri dengan masyarakat untuk menyadarkan masyarakat. Kita juga menghimbau untuk kedewasaan dalam berlalu lintas.

Pelaku tawuran kita cek urine dan ternyata sebagian posiif. Pengguna Narkoba sangat sensitif sehingga menjadi salah satu penyebab tawuran. Bapak ibu sekalian tolong jadikan Polisi ini sebagai mitra masyarakat. Kita juga minta kepada karang taruna untuk paham dan menghimbau kepada warga untuk mengajak warga menjauhi narkoba. Kita juga ingin menjadi mitra sekolah.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan , Terkait dunia cyber menjelang Pemilu, ada pelaku memiiki akun palsu sampai 200, dia bisa menghack hingga 800 akun. Ada akun anonim, akun semi anonim dan ada akun real. Modus pelaku ini masuk ke Grup WA dengan akun palsu untuk menyebarkan berita hoax dan membuat gaduh di grup WA. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk bijak menggunakan medsos dan saring dulu kebenaran informasi tersebut, lihat dulu sumber informasi dari mana, isinya apa, manfaatnya apa. Jangan kita terpancing oleh berita yang disebarkan Buzzer.

Kejahatan online seperti pinjol juga sedang marak, laporkan kepada kami bila ada kejahtan pinjol. Bagi masyarakat yang akan belanja online agar lebih hati -hati Kejahatan ini seperti gunung es, Tugas Polisi memerangi sifat jahat manusia bukan manusianya.

Khusus terkait pemilu Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengajak kepada masyarakat untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

“Dalam Pemilu ini, Kita boleh saling berbeda pilihan, itu hal yang wajar dan biasa, namun kita harus bisa kepala dingin dan dewasa dalam berpolitik , jangan sampai kita terpecah belah akibat beda pilihan. Mari kita ciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah kita, sehingga Pemilu nanti dapat berjalan dengan aman dan damai” ungkapnya

“Kapolres juga berpesan kepada warga dan orang tua untuk selalu melakukan pembinaan kepada para remaja dan generasi milenial agar generasi muda bisa terhindar dari bahaya narkoba, tawuran, miras maupun tindakan kejahatan lainnya”. Tutup Kapolres.

About Post Author

humas-restrojakpus

Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat (disingkat Polres Jakpus) adalah struktur komando Kepolisian Republik Indonesia di daerah kabupaten/kota. Polres Metro Jakarta Pusat memiliki satuan tugas kepolisian yang lengkap, dan dipimpin oleh seorang Komisaris Besar Polisi (Kombes)